Rimbun Hidayat | Gerakan 3S Untuk 1000 Kader



PKSSumenep.org - Target 1000 kader baru terbina dalam kurun 3 tahun (2016-2018) bagi PKS Sumenep. Mengapa 3 tahun? Karena memasuki tahun 2019 nanti sudah merupakan tahun pemenangan, dimana seluruh kader akan terjun langsung di tengah-tengah masyarakat untuk turut serta bersama mewujudkan masyarakat yang sejahtera dan berkeadilan.

Untuk itu dibutuhkan sebuah gerakan yang harus dilakukan PKS Sumenep. Gerakan yang terus-menerus dan berkesinambungan. Saya namakan gerakan ini Gerakan 3 S.

1. SALAM/SAPA

Mulai saat ini, semua SDM PKS harus menyapa masyarakat dan menebarkan salam pada mereka. Sebarkanlah salam pada setiap orang, baik yang kita kenal lebih-lebih pada orang yang tidak kita kenal.

Dari Abdullah bin Mas’ud RA, bahwasanya ada seorang laki-laki yang bertanya pada Rasulullah, “(Di antara) ajaran Islam manakah yang paling baik?”. Rasulullah menjawab, “Memberi makan dan mengucap salam kepada orang yang kamu kenal dan yang tidak kamu kenal”. (muttafaq ‘alaihi)
Ucapkan salam dengan ramah pada mereka yang kita jumpai. Sapa mereka dengan baik. Jabat tangan mereka dengan erat, maka insyaallah mereka akan menerima kita dengan baik dan tangan terbuka.

2. SENYUM

Tersenyumlah dengan tulus ikhlas, karena senyum adalah gambaran isi hati yang menggerakkan perasaan dan memancarkan pada wajah seperti kilatan cahaya. Seakan berbicara dan memanggil sehingga hati yang mendengar akan menjadi terpikat (Abbas As Sissy).

Rasulullah bersabda, “Senyuman dimuka saudaramu adalah shadaqah”.

Jika kita membaca siroh dengan cermat, maka kita akan tahu bahwa yang menyebabkan generasi pertama umat ini masuk Islam adalah senyuman yang tulus, pandangan yang teduh, pergaulan yang simpatik dan ucapan yang berkesan.

Mari kita berikan senyuman terindah dan tulus sehingga masyarakat luas akan menerima kita dengan ikhlas dan tanpa ragu.

3. SENTUH (HATINYA)

Menyentuh hati ummat merupakan pekerjaan da’i. Mereka membutuhkan sentuhan-sentuhan yang menyejukkan dan menenteramkan hati mereka. Allah SWT berfirman : “Maka disebabkan rahmat Allah-lah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu berlaku keras lagi berhati kasar, tentu mereka akan menjauh dari sekelilingmu”. (QS Ali Imron: 159)

Untuk itu, sebagai kader dakwah kita harus memberikan sentuhan pada hati masyarakat agar mereka menerima ajakan kebaikan. Jika kita sudah mampu menyentuh dan merengkuh hati mereka, maka mereka tidak akan berpaling dari kita dengan ijin Allah SWT.

“Tiada suatu musibahpun yang menimpa seseorang kecuali dengan ijin Allah, niscaya Dia akan memberi petunjuk kepada hatinya”. (QS At Taghabun: 11)
Semoga Allah SWT merahmati dan meridhoi langkah kita bersama. Mari kita senantiasa berkhidmat untuk rakyat. Insyaallah kita akan meraih kesuksesan. Wallahu’alam bishowab.

Penulis : Rimbun Hidayat, Ketua DPD PKS Sumenep
Share on Google Plus