Turki Merasa Dilecehkan Washington



PKSSumenep.org - Menteri Luar Negeri Turki dalam sejumlah komentarnya akhir pekan ini menyatakan terkejut atas desakan Departemen Luar Negeri AS yang menyerukan kepada pasukan militer Turki dan pasukan milisi YPG (milisi kurdi Suriah) untuk menghentikan pertempuran dan selanjutnya fokus terhadap musuh bersama, yaitu ISIS. Para pejabat Ankara merasa dilecehkan karena mereka (Turki) dan milisi pro-Kurdi diposisikan pada tempat yang sama oleh Washington.

Sepanjang akhir pekan ini, Turki dilaporkan mulai melancarkan serangan-serangannya ke wilayah Suriah bagian utara. Pada mulanya, militer Turki fokus pada sejumlah target milisi YPG, namun kemudian serangan itu dengan cepat meluas menyasar posisi militer rezim Suriah Assad. Para pejabat Ankara pada hari Senin (15/02) memperingatkan AS bahwa Turki tidak perlu meminta ijin untuk menyerang organisasi-organisasi teroris seperti YPG.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Turki, Tanju Bilgic mengkonfirmasi bahwa mereka telah mengirimkan surat protes resmi kepada Departemen Luar Negeri AS atas komentar-komentar Washington yang menentang serangan Turki terhadap YPG. Para pejabat Turki berulang kali mengecam keras Amerika atas dukungannya terhadap milisi YPG.

Pihak YPG sendiri selama ini menyangkal telah melakukan serangan-serangan terhadap Turki, meskipun para pejabat Ankara mengklaim bahwa semua serangan yang mereka lancarkan merupakan akibat dari agresi Kurdi.

Sumber: Kiblat
Share on Google Plus