Kajian Keluarga Indonesia : Menguatkan Fitrah Keluarga



PKSSumenep.org - Bidang PKK (Perempuan dan Ketahanan Keluarga) PKS Sumenep menyelenggarakan Kajian Keluarga Indonesia. Acara ini dilaksanakan di aula salah satu lembaga pendidikan di Sumenep, pada hari Minggu, 27 Maret 2016. Dimulai pada pukul 08.30 wib dan berakhir pukul 11.30 wib.

Acara yang dikemas secara sederhana dan kekeluargaan ini, dibuka oleh Ketua Umum DPD PKS Sumenep, Rimbun Hidayat. Dalam sambutannya, beliau menegaskan bahwa acara rutin ini diperuntukkan bagi masyarakat luas. Karena, semakin banyak keluarga yang harmonis, perhatian dan penuh kasih sayang, maka akan terbentuk lingkungan yang tentram dan tenang sehingga anak-anak kita menjadi generasi yang baik akhlaknya.

KKI kali ini mengangkat tema 'Memelihara Fitrah Keluarga' yang disampaikan oleh Ust. Moh. Mudhar. Dalam materinya, beliau menyampaikan bahwa para orang tua memiliki kewajiban untuk menjaga fitrah anak-anaknya, yakni fitrah Islam. Sehingga, pendidikan bagi keluarga menjadi suatu keharusan bagi para orang tua.

Kejadian-kejadian yang meresahkan masyarakat seperti pergaulan bebas, narkoba, miras dan yang lainnya, itu terjadi karena para orang tua tidak bisa menjaga fitrah anak-anaknya.

Solusi yang diberikan Islam dalam mendidik anak-anak adalah

a. Perintahkan pada mereka apa-apa yang Allah perintahkan pada kalian
b. Larang mereka dari hal-hal yang Allah larang pada kalian

Acara yang dihadiri puluhan pasangan keluarga ini diakhiri dengan makan jajanan tradisional, ketela pohon dan sambalnya (Sabrang cenge, madura red) (RH)

Share on Google Plus