Renungan Gerhana Bulan Penumbra



PKSSumenep.org - Belum hilang dari ingatan kita Fenomena gerhana matahari total empat belas hari yang lalu, kini terjadi lagi gerhana Bulan penumbra, yaitu seluruh bagian bulan berada di panumbra, sehingga bulan masih dapat terlihat dengan warna yang suram.

Fenomena ini bukan fenomina biasa, tapi lebih pada tanda-tanda akhir zaman yang telah di kabarkan oleh baginda Rosulullah SAW.14 abad yang lalu. Bahwa akan terjadi dibelahan bumi bagian timur, dua gerhana dalam sebulan. Dan gerhana itu merupakan tanda-tanda hari kiamat.

Bagi umat islam fenomena ini adalah ladang pahala, bagi yg bisa ambil kesempatan sholat khusuf.

Rosulullah Saw bersabda:
إن الشمس والقمر آيتان من آيات الله لا يخسفان لموت أحد ولا لحياته، فإذا رأيتم دلك فصلوا وادعوا الله وتصدقوا.
أو كما قال:

Sesungguhnya matahari dan bulan merupakan tanda² kebesaran Allah, keduanya tidak terjadi gerhana karena matinya atau lahirnya seseorang, jika kalian melihatnya maka laksanakan sholat, berdo'alah pada Allah dan berikanlah sedekah.

Setidaknya ada tiga hal yang perlu cermati dari hadits diatas.

1. Bahwa fenomena gerhana adalah tanda-tanda kebesaran Allah, tidak ada satu kekuatan apapun dan siapapun yang bisa menjadikan matahari maupun bulan bisa gerhana, kecuali atas kehendak Allah semata.

2. Merupakan mu'jizat Rosulullah SAW.

Para ilmuwan orentalis mencari-cari kelemahan Islam, kenapa ketika gerhana umat Islam diperintah laksanakan sholat?
Ternyata ketika terjadi gerhana matahari total, tidak baik bagi kesehatan mata jika melihat langsung tanpa kacamata, bahkan bisa menimbulkan kebutaan. Umat islam yang melaksanakan sholat kusuf dipastikan terhindar dari bahaya tersebut.

3.Gerhana merupakan peringatan Allah atas hamba-hamba-Nya.. isi pesannya adalah: jangankan hanya bumi yang jauh lebih kecil, mataharipun jika Allah berkehendak pasti dipadamkan, dan itu terjadi.

Khusus gerhana bulan penumbra ini, yang terjadi satu bulan dua kali dibulan ini, merupakan salah satu tanda-tanda akhir zaman yang telah dikabarkan oleh Rosulullah SAW. Dan semua prediksi Rosulullah SAW masih 100% benar.

Semoga kita termasuk orang-orang yang selalu mengambil i'tibar dan bertambah iman, disetiap terjadinya fenomena Alam. Amin


Oleh :
Ahmad Baihaqi, Lc
Ketua DSD PKS Kabupaten Pamekasan
Share on Google Plus