Pesan-pesan Indah Dalam Berumah Tangga



Pesan-pesan ini diambil dari penggalan-penggalan ayat di dalam surat Al-Baqarah ayat 222-238

Bismillah...

Pesan kesatu:
.........Sungguh Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang menyucikan diri.(QS. Al-Baqarah: 222)
Nikah adalah jalan yang benar-benar dapat menjaga kesucian diri dan mengantarkan seseorang untuk memperoleh kecintaan Allah. Karena dengan menikah kehormatan dapat terjaga dengan baik, menjauhkan diri dari kemaksiatan dan apa yang diharamkan serta akan mendatangkan pahala sebagai balasan atas ketaannya menjalankan perintah Allah dan mengikuti sunnah Rasulullah SAW.

Pesan kedua:
.........Dan utamakanlah yang baik untuk dirimu, bertaqwalah kepada Allah, ketahuilah bahwa kamu kelak akan menemui-Nya dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang beriman.(QS. Al-Baqarah: 223)
Jangan berhenti berbuat kebaikan sekecil apapun dengan dasar ketaqwaan dan keyakinan akan perjumpaan dengan Allah sehingga setiap kebaikan yang dilakukan berdimensi ukhrawi dan bukan semata duniawi. Jika seorang laki-laki benar-benar bekerja mencari kebaikan buat keeluarganya kelak akan menemui Allah dalam keadaan ridho.

Pesan ketiga:
.........Dan para istri mempunyai hak yang seimbang dengan kewajibannya dengan cara yang patut tetapi para suami mempunyai kelebihan di atas mereka. Allah maha perkasa maha bijaksana. (QS. Al-Baqarah: 228)
Suami istri wajib mengetahui akan hak dan kewajibannya dan masing-masing mendahulukan kewajibannya untuk memenuhi hak yang lain. Ketika salah satu diantara keduanya ada yang mengabaikan maka suami atau istri hendaknya tetap menjunjung tinggi kewajibannya seraya memohon hidayah Allah agar haknya dapat dipenuhi. Dan pihak yang mengabaikan hendaknya merasa takut kepada Allah dzat yang Maha perkasa.

Pesan keempat:
.........Dan janganlah kamu jadikan ayat-ayat Allah sebagai bahan ejekan. Ingatlah nikmat Allah kepada kamu dan apa yang telah diturunkan Allah kepada kamu (Al-Qur'an) dan hikmah (Sunnah) untuk memberi pengajaran kepadamu dan bertaqwalah kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah Maha mengetahui segala sesuatu.(QS. Al-Baqarah: 231)
Pernikahan ini bagian dari tanda kebesaran Allah. Orang yang mempermainkan pernikahan atau urusan rumah tangga berarti telah mempermainkan ayat Allah. Jika ingin selamat dan bahagia yang sebenarnya ikuti petunjuk Allah dan Rasulnya, jadikan Al-Qur'an dan Sunnah Nabimu sebagai referensi bersama dalam kehidupan keluargamu. Jangan sekali-kali mencoba mencari jalan keluar atau penyelesaian pada selain keduanya. Karena Allah yang Maha mengetahui sedang kita semua tidak mengetahui.

Pesan kelima:
.........Dan janganlah kamu lupa kebaikan diantara kamu. Sungguh Allah maha melihat apa yang kamu kerjakan.(QS. Al-Baqarah: 237)
Kehidupan rumah tangga tidak akan lepas dari salah dan khilaf. Sesuatu yang dapat menjamin keberlangsungan rumah tangga adalah perilaku memaafkan dan budaya saling memohon maaf. Untuk itu jangan hanya melihat kekurangan yang ada pada pasangan tetapi lihatlah sisi kelebihan dan kebaikannya.
Demikian ayat di atas mengarahkan kita hambanya.

Pesan keenam:
.........Jagalah seluruh shalat dan shalat pertengahan dan laksankanlah shalat karena Allah dengan khusyu'. (QS. Al-Baqarah: 238)
Pilar yang akan menegakkan kehidupan rumah tangga adalah shalat. Jangan harap rumah tangga akan bercahaya jika anggotanya meninggalkan solat
Jadikan shalat sarana munajatmu dalam semua keadaan suka dan duka, sempit dan leluasa niscaya keberkahan akan senantiasa menyertai langkah hidupmu.

Barakallahu laka wa baaraka 'alaika wa jama'a bainakuma fii khair!



Intisari Khutbah Nikah
Oleh : Ust. Moh. Mudhar (Ketua MPD PKS Sumenep)
Sumenep, 08 Juli 2016
Share on Google Plus