Selamat Menjalankan Shaum Ramadhan 1439 H.


Alhamdulillah kita dipertemukan dengan ramadhan. Bulan yang kita rindukan kehadirannya. Para shalafus shaleh memohon kepada Allah SWT untuk dipertemukan dengan syahrul quran ini enam bulan sebelum kedatangannya. 

Jika ramadhan tiba, kata Abu Hurairah, Rasulullah memberikan kabar gembira akan kedatangannya kepada sahabat-sahabat beliau dengan ungkapan, "Sungguh, telah datang kepada kalian bulan Ramadhan, bulan yang penuh berkah." 

Ramadhan adalah tamu agung yang sekaligus tuan rumah. Ketika ia datang ia juga memberikan suguhan berbagai pahala dan janji bagi mereka yang benar-benar meresapi hakekat shaum. 

Setidaknya ada dua hal yang dapat membantu kita bisa mendapatkan dan menikmati suguhan ramadhan:Pertama, melakukan ibadah secara terencana.Ketika kita gagal merencanakan dan memenej ibadah yang akan kita lakukan selama bulan ramadhan, maka kita sesungguhnya telah merencanakan kegagalan kita. Sebagai contoh adalah interaksi kita dengan Al-Qur'an selama ramadhan.Jika kita tidak pernah punya target yang jelas  berapa kali kita akan mengkhatamkan Al-Quran selama ramadhan, maka kita dapat dipastikan akan gagal dalam memaksimalkan waktu kita untuk Al-Qur'an. 
Kedua adalah tekad (azam). Hanya tekad yang kuat bisa mempertahankan semangat untuk terus melalukan segala ibadah yang telah kita rencanakan dengan baik.Ketika ramadhan berlalu beberapa hari, terkadang kita dihinggapi kejenuhan, semangat mulai menurun, disaat itulah dibutuhkan mengasah tekad kita agar tidak mengalami penumpulan. 

By: H.Mabni Darsi 

Sapeken, 1 Ramadhan 1439 H. 


Share on Google Plus